Jumat, 27 Desember 2013

My Recent Best Moment

Guyyyyyyyyyyyyyssssssssssssssssss..............

Kayanya sayang ya kalo harus membiarkan blog kita ini mati suri.. Sesekali nulis barang 1 paragraf 2 paragraf kayanya ga ada salahnya ya.. Hati jd enteng bisa curhat, mood jg jd membaik karena bisa flash back mengingat kebersamaan kita yang indah itu.. ahay..

Kalo gw pribadi, akhir-akhir ini ngga ada update story yg menarik. Paling jg ada sedikit kekhawatiran mengenai tumbang Al yang beratnya dan tingginya ga naek-naek. Perasaan makan jg uda lumayan tp ga gemuk2. Hm.. Jd bs ngrasain kekhawatirannya umi Altaf dahulu kala.. Eh ngomong2 tentang anak, si Alit bentar lg nyusul ya.. Ditunggu banget critanya tentang kehamilan dia. Dan ngarep bgt si tante Tya jg bs segera menyusul..pgn liat motherhood style nya Mbem ya guys.. 

Dan ngomong2 soal Mbem, kmaren seneng beud bs ketemu Mbem barang sebentar. Critanya doi lg ada acara kantor di Semarang. Girang doong mau ketemu sohib camisole ini.. Eh pas waktu yg dijanjikan, dia blm jg ngabarin ampe laruuuuutttt maleeeemmm. Sedih bgt, masa sih kita yg notabene tercerai berai di antah berantah beda-beda kota, pas ada moment di salah satu kota ga bs kumpul rumpii.. Ywd bsknya gw paksa aja, kebetulan antara Hotel mbem nginep sama kantor gw cuma berjarak 5 kantor. Ywd akhirnya gw sempet-sempetin ngabur di jam kerja untuk ketemu Mbem di Starbucks Cafe yg terletak di gedung yg sama di hotel dia nginep. Untung pas itu besoknya gw disuru lomba merangkai buah dan sayur, jadi punya alesan kan buat ngabur ke mall buat belanja keperluan. Walo dalem ati was-was juga takut kena razia pegawai yang tidak disiplin nge-mall pada jam kerja secara seragam gw saat itu adalah KORPRI.. bismilah lah ya..

Setelah akhirnya menemukan sosok Mbem dari arah belakang reflex aja gw remes2 dia sambil nahan lantaran ga bole Manggil "Mbem". Padahal dr jarak 50 meter pgn gw triak "Mbeeeeeemmmmm" gitu.. pengen manggil tia, kayanya aneh banget. dan... Hiiiiiiiii.. Rasanya seneeengg yaa uda lama ga ketemu..Akhirnya ketemu jg. Sekarang langsingan lho dia, lebih mature jg ihiiiiirrrr.. Semoga masih banyak kesempatan kita buat ketemuan ya guys.. 

Sebelumnya kita ber4 jg sempet ketemuan pas lebaran ya.. Walo minus si Alit yg emang lokasinya paling far far away, tp tetep moment nya bikin Asi gw lancar ahahaha.. Dulu kita pdhl satu kota, trus cm jd mahasiswa yg ga niat gitu malah jarang kongkow ya guys, skrg moment kumpul gitu jd susah bgt setelah qt mencar kemana-mana.. 




Ih bentar lg Taon Baru nih..cepet bgt ya perasaan.. Jd keinget Taon Baru areng 2th lalu. Ga berasa ternyata itu udah 2 th berlalu ya.. Seru bgt qt Camisole Family bs ngumpul bareng ya..smoga ada kesempatan di lain waktu.. 

Hugs

Rabu, 18 September 2013

The Birth Story of Al Nauval Nararya



Tiba-tiba inget dan kepingin review tentang proses persalinan Al nih guys, it leaves a bad taste on my mouth sih.. tapi semoga bisa menjadi intropeksi diri buat saya.. happy reading :)



Di awal kehamilan saya tdk punya konsep persalinan apapun. Dulu memang pernah dengar ttg water birth yang mulai populer. Tapi membayangkannya saja saya ga pernah, sampai suatu hari saat blog walking nemu artikel Dee Lestari ttg cerita persalinan anak keduanya, atisha.

Saat baca semua perasaan bercampur aduk. Terkesima, takjub, terharu, dan bulu kuduk merinding. Saat itu juga saya langsung memutuskan untuk memilih konsep persalinan seperti Dee. Gentle Birth. Suatu persalinan alami, ramah jiwa dan minim trauma.

Berbagai artikel otomatis jadi santapan saya tiap hari. Menjadi member di grup facebook Gentle Birth Untuk Semua' juga saya lakukan. Saya berusaha memberdayakan diri saya. Banyak pengetahuan luar biasa yg saya dapatkan. Bahkan usaha 'meracuni' orang tua, mertua dan bidan pilihan pun saya jabani demi cita2 tersebut.

Melahirkan dirumah, dengan media air agar transisi bayi menjadi lembut, minim intervensi medis, didampingi suami, penundaan pemotongan tali pusat, burning cord, sampai IMD. Saya sangat mendambakan itu semua. Ya semua itu demi baby saya, saya tidak ingin meninggalkan trauma lahir kepadanya.

Mendekati bulan kesembilan persiapan kami sudah lengkap. Dari kolam plastik, pompa elektrik, lilin dan box untuk burning cord, dll sudah kami persiapkan dg baik. Hal2 teknis yang saya butuhkan nanti jg sudah saya tanyakan di grup untuk menambah pengetahuan. Selain itu berdasarkan hasil kontrol dan usg trakhir dg Spog dr. X semuanya baik, dan mendukung persalinan normal.

Di usia kehamilan 36 minggu saya smakin rajin senam hamil, relaksasi dan memberikan affirmasi positif. Tak lupa saya jg memberi tahu baby tentang libur panjang di tgl  17-20 yg barangkali di tanggal2 tersebut ia ingin ketemu dengan ayah ibunya dikarnakan ayahnya libur, yg artinya ia bisa mendampingi persalinan kami.

Tgl 16 Mei belum ada tanda2 berarti. Bahkan saya menyempatkan diri ke salon untuk creambath agar rilex. Dan kami melakukan beberapa ihtiar dg induksi alami. Induksi dengan suami, makan nanas dan duren, goyang inul, affirmasi ke baby dan pijat akupresure. Saya sempat berfikir bahwa saya terlalu Geer dg tanggal hari libur tersebut. Dan kami memutuskan untuk menyerahkan semua pada si baby kapan ia ingin bertemu dengan kami.

Tak lupa saya jg menyetok Pocari Sweat siapa tahu ada hal yg terjadi diluar rencana, yaitu KPD. Dan malam itu pun datang.

20 Mei 2012, 21.00, kontraksi ringan datang tiap setengah jam sekali. Tidak tll menghiraukan, saya beranjak tidur. Rasa mulas dan gejala menstruasi semakin terasa dan saya memutuskan untuk mencatat datangnya tanda cinta tersebut. Saat bangun dari bed, dan.. Pyokkk!! Oh no, ketuban saya pecah. Saya beranjak ke toilet dan memastikan kalau itu bukanlah kemih melainkan ketuban. Dengan sok coolnya saya minum banyak pocari, memakai pembalut, dan bedrest. Gelombang semaking rajin mampir yaitu 15 menit sekali.

21 Mei 2012, Pukul 04.30 saya memutuskan untuk ke bidan. Ternyata bukaan 1. Saya makin rajin berjalan kaki dan goyang inul. saya menelfon adik saya untuk datang dan membantu persalinan yg saya estimasi adalah dlm waktu 24 jam ini.

Yang aneh kontraksi justru hilang. Bidan yg akan mendampingi saya Home Water Birth melakukan VT pukul 12 siang pun baru bukaan 1,5. saya dan suami yang akhirnya mendapat cuti 2 hari, terus melakukan affirmasi ke baby. "Kaka, ayo bantu ibu ya, kami pingin ketemu kaka. Klo ada dasi yang ngelilit lepas aja ya nak, nanti ayah belikan dasi yg lebih bagus". Dan si kaka merespon dengan tendangan.

Hingga sore hari djj dan gerakan kaka masih baik. Kami terus berpositif thinking dan sabar. Saya menyempatkan sms bidan Yesie ttg kondisi yg terjadi. Beliau mensugesti positif untuk sabar dan rilex serta melakukan induksi alami. Mendengar suara beliau sungguh menenangkan membantu saya untuk kembali rilex.

22 Mei 2012, 01.00, kontraksi datang 10 menit sekali. Saya mulai mencatat lagi.  Namun kontraksi itu tidak kian besar dan cepat melainkan melambat bahkan hilang. Bidan pendamping menyarankan untuk cek USG dan kondisi keseluruhan. Ia jg menyarankan untuk menetapkan target jika belum jg lahir, untuk ke rumah sakit. Saya masih yakin, saya bisa mewujudkan cita2 saya, mempersembahkan persalinan yg damai dan penuh cinta kasih untuk si kaka. Tetapi otak kiri saya mengingatkan saya untuk realistis.

Pukul 13.00 hasil VT menunjukan bukaan 3. Kemajuan yang lambat. Bidan pendamping semakin sering meminta saya dibawa ke rumah sakit karena dirasa ada yang janggal bahkan menyarankan untuk induksi. DESSSS! Kayanya saya salah pilih pendamping! Akhirnya saya berbisik pada sang baby "Kaka sayang, kalo kaka memang ingin lahir di rumah sakit, ibu ikhlas. Kalo sampe sore ga ada kemajuan, kita ke RS ya kak". Dan.. Gelombang tiba2 intens datang 10 menit sekali bahkan 5 menit sekali dengan durasi 35 detik hingga 2 menit. Kaka sungguh pintar. Sepertinya ia memilih untuk lahir dirumah.

Namun kami tetap akan melakukan USG di dokter X langganan kami. Pukul 18.30 kontraksi menguat, dalam perjalanan ke dokter gelombang semakin dahsyat. Dalam 3/4 perjalanan, saya memberi intruksi suami saya untuk pulang. Yak, saya yakin. Semua perlengkapan dipersiapkan baik kolam dan air. Adik dan sahabat saya diminta datang membantu. Hasil VT menunjukan bukaan 6. Ya Allah, baru setengah jalan. Apa yang musti hamba perbuat. Kenapa sangat lambat?. Saya masih sabar dan menunggu gelombang kian menguat.

Pukul 11.00 rasanya gak sabar ingin nyemplung di kolam. Via SMS bidan Yesie membolehkan saya untuk nyemplung di kolam. Maksimal 2 jam. Saya pun nyempung dan 'nyooossh' rasanya enak bgt. Tp rasa ingin mengejan tb2 datang. Gelombang tersebut kian menguat. Saya pun terlalu yakin waktunya telah tiba. Dan saya meminta bidan untuk melakukan cek dalam, namun hasilnya stuck di bukaan 7. Kami mulai kewalahan, saya kehilangan sebagian tenaga, bgitu pula orang2 yg membantu. Bidan mulai curiga sepertinya ada sesuatu karna kemajuan bukaan mulut rahim berjalan sangat lambat. Akhirnya bidan berhasil membujuk saya ke rumah sakit walau dalam hati saya bersikukuh untuk melahirkan di rumah.

Plan A gagal, dan plan B (yang sayangnya tidak saya set dengan matang) pun menjadi pilihan. RS tujuan kami adalah RS Her*ina, yg mrp RS yg lebih dekat dibanding RS Tlo*ore*o dan merupakan RS pilihan dari hasil survei. Sampai ruang bersalin Pukul 03.00 Gelombang kian menguat, namun lagi2 itu baru bukaan 8. Lama menunggu, mereka memberikan induksi melalui infus. Saya ga lagi konek dg ritme tubuh saya, saya kehilangan komunikasi dg tubuh dan bayi saya. Dari bukaan 8 ke 10 saja sampai 2 jam. Dan akhirnya proses persalinan ala rumah sakit yg selama ini saya hindari pun menimpa saya. Induksi, posisi lithotomy, aba-aba tukang parkir, dan dorong mendorong perut. Saat itu yg saya ingat, knp justru ini yg terjadi?. Kira2 ada 5 suster yang membantu. Mendorong perut, merentangkan kaki, dll. Bukan lg acara sakral melainkan pelataran parkir pasar. Akhirnya proses mengejan pun terjadi. Sekuat tenaga saya tdk bisa mengeluarkan kepala si Kakak. Proses tsb terjadi cukup lama. Tp kepala kakak hanya masuk dan keluar.

Tp saya gak menyerah, saya memberi instruksi pada dokter muda itu untuk memasang posisi vertikal agar terbantu gravitasi bumi, yaitu setengah berdiri, tp karna tenaga sdh terkuras habis dr 2hr yang lalu, saya kembali ke posisi semula. Saya jg menawar untuk tidak di episiotomi, namun krn baby susah untuk keluar, tindakan epis pun dilakukan jg dg persetujuan saya. Dr awal DJJ stabil hingga pada menit2 terakhir DJJ melemah dan dokter menawarkan vacum. Krn tau djj melemah saya menyetujui. Dan akhirnya si Kakak bisa lahir dan benar dugaan kami bahwa ada lilitan tali pusat yg sgt kuat. Selain itu posisi baby adalah telentang. Itu sebabnya kepalanya hanya keluar masuk, krn wajah tdk bisa flexible spt kepala saat melewati jalan lahir. Ya Allah Kakak, kau jg telah berjuang keras di dalam. Bahkan ia mendengar instruksiku untuk memberi gelombang yg intens. Ternyata ia menginginkan persalinan di rumah kami, tp krn lilitan dan posisi tersebut yg menyulitkannya sehingga proses pembukaan serviks terjadi cukup lama.

Usai persalinan, saya sedih dan menangis sejadi2nya. Selain saya trauma, saya menyesal. Anak saya mendapat intervensi cukup banyak. Dari induksi, proses dorong perut, vacum, hingga sedot lendir. Saat di sedot saya ingat, saya berteriak "jangan terlalu dalam suster! Kasihan anak saya!".

Satu2nya proses healing saya adalah IMD. Walau hanya 1 jam tp sangat membantu. Saya meminta maaf pada kakak dg apa yg telah terjadi. Bahkan teriakan saya saat diinduksi yg tdk bisa saya kontrol mungkin terekam di bawah sadarnya. Saat proses IMD selesai dan kakak diambil untuk diobservasi saya pun memaksa untuk tidak dipisahkan dr saya. Seperti informasi yang sudah saya dapatkan dari grup, benar saja, saat dia diambil dari dada saya, dia menangis. Menangis karena dipisahkan dari ibunya. tetapi beruntung, ternyata memang mereka melayani IMD, asi esklusif, dan rooming in.

                                                                                    ---

Salah satu rasa kecewa tentu saya tujukan pada spog X di rumah sakit Tlog*re*o yang kami yakin membohongi kami. Saat terakhir check up, saat saya tanya apakah posisi sudah masuk panggul, beliau menjawab belum. Padahal tiap minggu saat senam hamil, bidan jelas sudah mengatakan sudah masuk panggul sejak UK 33. Dan saat kami tanya apakah ada lilitan atau tidak, dia menjawab dg aneh "yah kalopun ada, bisa lah bu". Dan beliau sama skali tidak menyebutkan posisi bayi posterior atau anterior. Dan ternyata beliau adl dokter yg pro caesar.

Tp saya tdk bisa menyalahkan siapapun. Karna saya lah yg paling harus disalahkan krn kurang teliti untuk memastikan kondisi sempurna untuk melakukan HWB dg mencari second opinion

Faktor kegagalan selain tidak mengambil second opinion (sebaik apapun kondisinya), saya juga salah memilih pendamping persalinan yang saya kira mau belajar tentang gentle birth, bidan pilihan saya justru yang membuyarkan kefokusan saya tentang niat saya diawal karena dia tidak banyak tahu tentang GB (awalnya saya memberinya artikel dan video yang ternyata belum disentuhnya), serta rencana persalinan B atau C yang kurang matang.

Disisi lain, saya bersyukur krn pada akhir eksekusi kami memilih RS H*rmi*a hanya dengan pemikiran jarak yg lebih dekat dan saya bertemu dg dokter muda yg sabar. Kalau saja saya memilih bersalin dg dokter X tentu tindakan SC yg menjadi pilihan.

Kecewa, sedih, menyesal, tp mungkin ini kehendak Tuhan dan si Kakak. Saya telah berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan persalinan yg alami dan kakak pun sudah kooperatif dan bekerja sangat keras untuk melepaskan lilitan. Trauma? Absolutely!! Tp tdk perlu terlalu lama. Saya masih mempunyai segudang PR dlm parenting. Semoga someday bisa mengikuti klas self healing dan bisa melakukan gentle parenting terhadap Al Nauval Nararya. Dan, HWB secara Gentle tetap menjadi cita-cita saya. Semoga. Amin.

Created by: Wulan, 2 Juni 2012.