Minggu, 29 Mei 2011

LET’S BE HEALTY!


Guys, setelah ikut sosialisasi kesehatan beberapa hari yang lalu, saya dapet beberapa info dan gak ada salahnya saya berbagi. Ternyata apa yang telah kita yakini selama ini sebagian besar adalah salah. Kita sudah termakan berbagai macam publikasi yang sangat mempengaruhi persepsi kita. Hal itu dikarenakan adanya kepentingan dan kapitalisasi dari perusahaan dari berbagai macam jenis kebutuhan. Untuk itu, I need to share some information which is usefull for us:
Yang Membahayakan Bagi Tubuh:
1.      Gula pasir
Karena mengandung pemutih. Bahan baku gula itu berwarna cokelat telah disulap benjadi butir-butir kristal yang berwarna putih. 2 sendok tiap hari akan membuat imunitas berkurang dan berakibat fatal pada liver. Orang barat mengkonsumsi gula pasir hanya ¾ Kg per tahunnya. Ganti gula putih dengan gula aren atau gula jawa yang berwarna cokelat pekat.
2.       MSG
Apapun bentuk MSG dan penyedap itu mengandung pengawet dan automatically itu berbahaya bagi kesehatan.
3.       Keju
4.    Kandungannya ternyata menggerogoti kalsium yang ada pada tulang kita. Misalnya, kandungan kasein dalam keju dapat memperburuk kondisi para penderita autis. Sedangkan laktosa pada keju “muda” atau keju cheedar berbahaya bagi penderita intolerasi laktosa. Tingkat kewaspadaan juga harus ditingkatkan pada raw cheese atau keju yang diproses secara minimal. Mengapa? Keju jenis ini mengandung bakteri yang mampu meningkatkan risiko terjadinya berbagai infeksi, seperti listeriosis dengan gejala mual dan kram perut.
Yang perlu dilakukan adalah membiasakan diri memilih keju yang terbuat dari susu kambing atau biri-biri. Karena keju jenis ini mengandung conjugated linoleic acid (CLA) yang akan membantu kita mengurangi peradangan dan penumpukan plak pada pembuluh darah.
Hindari mengonsumsi keju yang rasanya terlalu asin agar jantung dan tekanan darah kita tetap terjaga. Selain itu, kita juga bisa memilih keju rendah lemak yang kini sudah banyak dijual di swalayan. So, mendingan untuk mendapatkan kalsium kita bisa mengkonsumsi gagang sayuran.
5.       Mentega dan minyak goreng
Mentega adalah lemak yang paling buruk. Dan tak ada minyak goreng sehat yg dijual di pasaran, sejernih apapun minyaknya bukan jaminan, proses pengolahannya telah membuat minyak tersebut teroksidasi. Minyak goreng dan mentega juga dapat menyumbat pembuluh darah. Ganti mentega dan minyak goreng dengan minyak zaitun.
6.       Stress
7.       Racun/toxic lingkungan
Asap kendaraan dan kompor gas sangat berbahaya. Gas metan yang terhirup dapat menyebabkan kanker. Untuk itu saat kita menyalakan kompor gas tutup hidung kita sebentar untuk menghindarkan bau gas terhirup.
8.       Beras putih
Karena mengandung pestisida dan pemutih seperti sejenis byclean. Lebih baik kita mengganti beras putih dengan beras merah karena beras merah mengandung serat tinggi dan tanaman beras merah tidak akan bisa hidup tanpa pestisida.
9.       Gandum
10.   Susu
Saat ini beredar luas susu kalsium untuk manula, jika konsumsinya tidak diimbangi dengan magnesium maka susu tersebut malah akan menggerogoti tulang. Begitu pula dengan susu sapi. Karena susu sapi itu hanya untuk anak sapi. Hal ini mungkin bertentangan dengan apa yg sudah kita yakini sebelumnya bahwa susu adalah makanan yang bergizi tinggi, sumber protein dan kalsium yang baik bagi tubuh, terutama pada masa pertumbuhan. Namun fakta tentang susu sapi, diantaranya (bisa dibaca di buku the miracle of enzyme by.Hiromi Sinya, MD):
  •  Proses pengolahan susu sapi (homogenisasi dan pateurisasi) telah menghilangkan unsur2 baik dalam susu;
  • Susu sulit untuk dicerna;
  • Semakin bertambah umur, semakin sulit tubuh mencerna susu; dan
  • Kebanyakan konsumsi susu justru menyebabkan osteoporosis.
Selain itu, rumor yang berkembang mengenai susu formula yang mengandung bakteri itu dikarenakan proses pemerasan susu sapi menggunakan alat yang mana dapat menyebabkan luka pada payudara sapi. Luka tersebut mengeluarkan darah dan nanah dan tercampur pada susu sehingga mengakibatkan bakteri.
 
Ganti gaya hidup kamu: 
  • Gula pasir     ->     Gula aren
  • Beras putih   ->   Beras merah
  • Mentega / minyak goreng     ->   Minyak zaitun
  • Mie      ->    Spagethi
  • ubur ayam      ->   Bubur ketan hitam
  • Susu sapi     ->    Susu kedele
Memang bakal susah buat ngerubah semua itu.. tapi gak ada kita salahnya kita tahu dan sedikit mengurangi porsi demi kesehatan kita dan keluarga kita. 

Source: Berbagai sumber
Created & written by Wholzy http://wulanasihsetyarini.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar